Rabu, 13 Juli 2011

Riyadus Sholihin "Bab Istiqomah"




"Abu Amru (Sufyan) bin Abdullah Astsaqofy r.a. berkata , YA Rasulullah ajarkan kepada saya kalimat yang menyimpulkan pengertian Islam sehingga saya tidak membutuhkan bertanya kepada seorang pun kecuali engkau, Jawab Nabi saw : Katakanlah aku percaya kepada Allah kemudian tetap konsukuen mendisiplinkan diri terhadap pengakuan (HR Muslim No. 38)"

Kandungan:
1. Iman tidak hanya di lisan, tetapi diyakini dalam hati dan dimalkan dengan erbutan
2. Kita tidak boleh ragu ketika megucapkannya
3. Contoh orang yang imannya hanya di lisan saja adalah Abdullah bin Ubaid (tokoh munafik
4. Contoh orang yang imannya hanya di hati saja adalah Abu Thalib
5. Dan contoh orang yang imannya hanya di lisa saja adalah Fir'aun
6. Dasar istiqomah adalah iman



"Abu Huroiroh ra berkata : Bersabda Nabi saw , bersedang-sedang sajalah kamu dan tetapkanlah dalam beramal, ketahulah olehmu bahwa tak seorangpun dapat selamat semata-mata tergantung kepada amal perbuatannya. Sahabat bertanya : Tidak juga engkau ya Rasulullah? Jawab Nabi saw: Tidak pula saya, kecuali Allah meliputi saya dengan rahmat dan karuniaNya"

Kandungan:
1. Amal merupakan kewajiban kita pada Allah
2. Penyebab kita masuk sura atau neraka adalah adanya rahmat Allah, bukan karena amal kita
3. Amal adalah sebab Allah memberikan rahmat, kemudian rahmat Allah yang menyebabkan kita ke neraka atau ke surga

1 komentar: